EZtudia EZtudia EZtudia
Lewati ke konten utama

admin eztudia

Entri blog oleh admin eztudia

Digitalisasi Uang: Bagaimana E-Payment Mengubah Cara Kita Bertransaksi

Perkembangan teknologi telah membawa perubahan besar pada beberapa sektor kehidupan. Dari mulai kemudahan berkomunikasi hingga cara kita bekerja, teknologi telah menjadi bagian dari kehidupan kita sehari-hari. Salah satu perubahan yang menonjol adalah cara bertransaksi yang sebagian besar telah beralih ke transaksi online atau digital.


Jika kita lihat, banyak perusahaan atau bisnis saat ini menggunakan pembayaran online atau digital. Hal ini tidak hanya membuat transaksi menjadi lebih cepat, tetapi juga membuat kita merasa lebih nyaman saat berbelanja. Dilansir dari media Antaranews.com Bank Indonesia (BI) mencatat nilai transaksi Uang Elektronik (UE) di Indonesia pada Agustus 2023 meningkat sebesar 8,62 persen secara year on year (yoy) sehingga mencapai Rp38,51 triliun. Tingginya angka tersebut menandakan bahwa semakin banyak orang yang memilih pembayaran online atau digital. Mari kita pelajari lebih lanjut tentang e-payment, manfaat dan contohnya yang umum digunakan di Indonesia.

 

Apa itu e-payment?

E-payment atau pembayaran elektronik adalah istilah untuk metode pembayaran yang dilakukan secara online atau digital tanpa menggunakan uang tunai atau cek. Dengan hanya menggunakan koneksi internet dan smartphone, proses pembayaran dapat dilakukan dengan mudah. Tidak mengherankan jika semakin banyak bisnis atau perusahaan yang menggunakan e-payment sebagai metode pembayaran.

 

Manfaat e-payment

E-Payment memiliki berbagai manfaat, sehingga menjadikannya pilihan yang populer dan digemari oleh generasi milenial saat ini, seperti :

  1. Kemudahan akses dan kecepatan: e-payment memudahkan kita untuk melakukan transaksi kapan saja, di mana saja, melalui ponsel atau perangkat elektronik yang terkoneksi dengan internet.
  2. Efisiensi biaya: e-payment dapat meminimalisir biaya yang terkait dengan pemrosesan transaksi fisik atau pengiriman dokumen.
  3. Keamanan: e-payment telah dilengkapi dengan tingkat keamanan seperti, enkripsi data dan otentikasi ganda.
  4. Pembayaran tagihan otomatis: mengatur pembayaran tagihan secara otomatis, meringankan kebutuhan untuk antri atau mengisi cek.
  5. Peningkatan produktivitas: Membantu mengurangi pekerjaan administratif sehingga dapat meningkatkan produktivitas.
  6. Transparansi biaya: e-payment menyediakan rincian biaya yang jelas, sehingga pengguna dapat melihat berapa biaya yang dibayarkan untuk setiap transaksi.
  7. Tidak memerlukan uang tunai: e-payment membantu kita mengurangi ketergantungan pada uang tunai, dan beralih pada penggunaan kartu atau dompet digital.

 

Contoh e-payment yang umum digunakan di Indonesia

Berikut beberapa contoh e-payment yang sering digunakan di Indonesia :

1.     E-wallet

E-Wallet adalah dompet digital yang digunakan untuk menyimpan uang, melakukan pembayaran, dan melacak transaksi secara elektronik. Beberapa contoh e-wallet yang populer di kalangan generasi milenial saat ini seperti, Gopay, OVO, Shopeepay, Dana, dan lain sebagainya.

2.     QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard)

QRIS adalah penggunaan QR Code yang diatur oleh Bank Indonesia untuk memungkinkan pembayaran atau transaksi menjadi lebih cepat, aman, dan sederhana. Saat ini banyak sekali usaha, baik itu toko besar, pedagang kecil, restoran, atau sejenisnya, yang mengadopsi QRIS sebagai alat pembayaran.

3.     PayPal

PayPal adalah rekening virtual untuk layanan jasa transfer dan transaksi online yang populer dan umum digunakan di seluruh dunia, memiliki keunggulan dapat melayani transaksi keuangan dalam lingkup global atau internasional.

4.     Kartu kredit

Pembayaran dengan kartu kredit dan debit adalah metode pembayaran elektronik yang sering digunakan. Meski saat ini sudah banyak aplikasi dan alternatif pembayaran digital, kartu kredit masih digemari oleh beberapa kalangan.

5.     Transfer Bank

Transfer bank menjadi salah satu bentuk e-payment yang sangat populer, terutama dengan adanya bank digital dan M-banking membuat proses transaksi semakin cepat dan mudah

 

Jadi, itulah gambaran singkat tentang e-payment atau pembayaran digital. Wah, ternyata e-payment membawa begitu banyak manfaat yang luar biasa, bukan? Mulai dari kemudahan akses, efisiensi biaya, hingga keamanan transaksi, e-payment telah mengubah cara kita bertransaksi, hal ini merupakan bentuk evolusi yang perlu kita pahami dengan baik.

 

Kamu bisa dapatkan lebih banyak informasi dan pengetahuan mengenai keuangan, dengan belajar bersama EZtudia. Tunggu apa lagi? Bergabunglah dengan kami dan tingkatkan keterampilan kamu. Jangan lewatkan kesempatan untuk meraih pemahaman yang lebih mendalam tentang dunia keuangan.



  

© 2024 EZtudia Presented by PT. Sentra Studia Indonesia