EZtudia EZtudia EZtudia
Lewati ke konten utama

admin eztudia

Entri blog oleh admin eztudia

Mengenal Perbankan Online: Tips dan Trik untuk Generasi Milenial


Transaksi digital dalam sektor perbankan mengalami perkembangan yang sangat pesat, hal ini tidak lepas dari peran generasi milenial. Generasi yang terlahir di era digital, membuat mereka cenderung lebih akrab dengan teknologi dan sering menggunakan layanan perbankan online karena mudah dan lebih praktis penggunaannya.


Namun gaya hidup yang aktif ditambah minimnya pemahaman tentang pengelolaan keuangan membuat mereka merasa sulit untuk mengatur keuangan. Dalam artikel ini akan membahas tips dan trik yang dapat membantu kamu untuk lebih memahami pengelolaan keuangan melalui layanan perbankan online dengan lebih baik.


Apa Itu Perbankan Online?

Perbankan online, yang juga dikenal sebagai e-banking adalah cara untuk mengatur dan mengelola rekening bank menggunakan internet. Hal ini membantu kamu untuk melakukan berbagai tindakan, seperti cek saldo, transfer dana, pembayaran tagihan, cek riwayat transaksi dan lain sebagainya yang bisa dilakukan secara real-time kapan saja dan dimana saja.


Tips dan Trik Mengelola Perbankan Online:

Berikut, beberapa tips dan trik yang bisa membantu generasi milenial dalam mengelola keuangan melalui layanan perbankan online, seperti:

  1. Pahami Aplikasi Perbankan

Pahami dengan baik cara menggunakan aplikasi atau situs web perbankan yang kamu gunakan. Ketahui fitur-fitur utama, seperti bagaimana cara mentransfer uang, mengecek saldo, atau membayar tagihan. 

  1. Keamanan

Selalu utamakan keamanan, gunakan kata sandi yang kuat dan jangan pernah bagikan informasi login akun kamu.


  1. Autentikasi Dua Faktor (2FA)

Jika tersedia nyalakan autentikasi dua faktor (2FA). Hal ini memberikan perlindungan ekstra dengan cara meminta kode verifikasi tambahan ketika login.

  1. Monitor Transaksi

Secara teratur lakukan pemeriksaan riwayat transaksi, untuk mendeteksi aktivitas yang mencurigakan. Apabila menemukan sesuatu yang tidak wajar, segera hubungi pihak bank terkait.

  1. Mengatur Anggaran

Manfaatkan beberapa fitur yang tersedia di aplikasi perbankan online, seperti pelacakan pengeluaran, hal ini membantu kamu memantau dan mengatur anggaran ketika melakukan transaksi.

  1. Diversifikasi Dana

Kurangi risiko dengan tidak menyimpan semua dana hanya di satu bank saja. Kamu bisa menyimpan di berbagai jenis rekening atau di investasikan.

  1. Perbarui Informasi

Pastikan data pribadi, nomor telepon, dan alamat email diperbarui secara berkala pada akun perbankan online milikmu.

  1. Waspadai Phishing Scams

Maraknya penipuan yang menggunakan metode phishing untuk mencuri data pribadi. Jika kamu menerima email atau pesan mencurigakan yang mengklaim dari bank, jangan klik tautan atau file yang terlampir, cari informasi lebih lanjut atau hubungi pihak bank terkait untuk memverifikasi keasliannya.

  1. Gunakan Koneksi Wi-Fi yang Aman

Pastikan selalu terhubung ke jaringan Wi-Fi yang aman dan terpercaya ketika mengakses aplikasi perbankan online. Hindari menggunakan jaringan Wi-Fi publik karena lebih rentan terhadap upaya peretasan.

  1. Edukasi Keuangan

Manfaatkan teknologi digital serta kemudahan akses untuk kamu belajar meningkatkan pemahaman tentang mengelola keuangan dan investasi.


Perbankan online menjadikan kamu lebih mudah mengatur dan mengelola keuangan dengan lebih baik. Dengan memahami cara kerjanya dan mengikuti tips dan trik pada pembahasan di atas, diharapkan generasi milenial dapat memaksimalkan penggunaan perbankan online dengan lebih baik.


Bagi kamu yang ingin mendapatkan banyak informasi dan pengetahuan mengenai perbankan dapat dengan mudah mempelajarinya melalui EZtudia, Karena EZtudia berpengalaman lebih dari 15 tahun sebagai platform pembelajaran digital di Indonesia. Tunggu apa lagi? Belajar bersama EZtudia dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja, ini adalah kesempatan menarik untuk meningkatkan skill terbaikmu!



  

© 2024 EZtudia Presented by PT. Sentra Studia Indonesia